Selasa, 22 Juni 2010

PRASANGKA

PRASANGKA DAN DISKRIMINASI DUA HAL YG ADA RELEVANSINYA PD WILAYAH, GOLONGAN
KEDUANYA DAPAT : MERUGIKAN PERTUMBUHAN, PERKEMBANGAN DAN INTEGRITAS MASYARAKAT
DARI PERISTIWA KECIL YG MENYANGKUT DUA ORANG MELUAS DAN MENJALAR
PRASANGKA DIMILIKI SETIAP ORANG
SEJAK KECIL (SUKA BERMUSUHAN SUDAH NAMPAK)
MELALUI PROSES BELAJAR DAN SEMAKIN BESARNYA MANUSIA TIMBUL SIKAP UNTUK MEMBEDA-BEDAKAN
PRASANGKA INI MEMPRIBADI, MENJALAR DAN MELEMBAGA
MAKA PRASANGKA ADA PADA MASY YG CARA BERFIKIRNYA SEDERHANA BAHKAN CENDEKIA, SARJANA,
PRASANGKA = SIKAP SOSIAL
SIKAP (MORGAN : 1966) ;
ADALAH KECENDERUNGAN UNTUK BERESPONS BAIK SECARA POSITIF ATAUPUN NEGATIF TERHADAP ORANG, OBJEK, ATAU SITUASI
KECENDERUNGAN BERESPON
MELIPUTI PERASAAAN ATAU PANDANGANNYA
YG TIDAK SAMA DGN TINGKAH LAKU
SIKAP SESEORANG BISA DIKETAHUI SETELAH BERTINGKAH LAKU
DALAM SIKAP TERKANDUNG PENILAIAN EMOSIONAL BERUPA :
SUKA, TIDAK SUKA, SENANG, SEDIH, BENCI DSB.
KOMPONEN SIKAP ;
KOGNITIF-
ARTINYA MEMILIKI PENGETAHUAN MENGENAI OBJEK SIKAPNYA, TERLEPAS PENGETAHUAN ITU BENAR ATAU SALAH

-AFEKTIF-
ARTINYA DALAM BERSIKAP AKAN SELALU MEMPUNYAI EVALUASI EMOSIONAL (SETUJU TIDAK SETUJU) MENGENAI OBJEK SIKAPNYA

-KONATIF-
ARTINYA KECENDERUNGAN BERTINGKAH LAKU BILA BERTEMU DENGAN OBJEK SIKAPNYA MULAI DARI BENTUK YG POSITIF SAMPAI TINDAKAN AGRESIF
SEBAB-SEBAB TERJADINYA PRASANGKA :
ADA 5 PENDEKATAN :
PENDEKATAN HISTORIS
PENDEKATAN INI DI DASARKAN ATAS TEORI PERTENTANGAN KELAS, YAITU MENYALAHKAN KELAS RENDAH YANG INFERIOR
SEMENTARA MEREKA YG TERGOLONG DALAM KELAS ATAS MEMPUNYAI ALASAN (JUSTIFICATION) UTK BERPRASANGKA TERHADAP KELAS RENDAH.
(CONTOH :KULIT PUTIH THDP NEGRO)
LATAR BELAKANG SEJARAH BAHWA KULIT PUTIH SEBAGAI TUAN DAN NEGRO SEBAGAI BUDAK.
2. PENDEKATAN SOSIO KULTURAL DAN SITUASIONAL

PENDEKATAN INI DITEKANKAN PADA KONDISI SAAT INI SBG PENYEBAB TIMBULNYA PRASANGKA YG DPT DIBAGI DLM :
1. MOBILITAS SOSIAL
ARTINYA KELOMPOK ORANG YG MENGALAMI PENURUNAN STATUS (MOBILITAS SOSIAL KE BAWAH )
AKAN SELALU MENCARI ALASAN MENGENAI NASIB BURUKNYA (KABINGHITAMKAN) TIDAK MENCARI PENYEBAB YG SESUNGGUHNYA

2. KONFLIK ANTAR KELOMPOK
PRASANGKA MERUPAKAN REALITAS DARI DUA KELOMPOK YG BERSAING TIDAK SELALU DISEBABKAN OLEH KONDISI EKONOMI
3. STIGMA PERKANTORAN
BAHWA KETIDAKAMANAN ATAU KETIDAKPASTIAN DI KOTAA DISEBABKAN OLEH NODA YG DILAKUKAN OLEH KELOMPOK TERTENTU.

4. SOSIALISASI
PRASANGKA DLM HAL INI MUNCUL SBG HASIL DR PROSES PENDIDIKAN ORG TUA ATAU MASY SEKITAR MELALUI PROSES SOSIALISASI MULAI KECIL HINGGA DEWASA
MENGURANGI PRASANGKA ;

-PERBAIKAN KONDISI SOSIAL EKONOMI
MELALUI PENDIDIKAN (perluasankesempatan belajar)
MENGADAKAN KONTAK DIANTARA DUA KELOMPOK YG BERPRASANGKA (terbuka dan sikap lapang)
PERMAINAN PERAN (PLAYING ROLE) disini org yg berprasangka disuruh menjadi korban prasangka
(akan merasakan, mengalami dan menghayati
Akhirnya tdk akan berprasangka dan berperilaku diskriminatif.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar