Kamis, 21 Oktober 2010

Masalah Kependudukan

Masalah kependudukan di Indonesia adalah jumlah penduduk yang besar dan distribusi yang tidak merata. Hal itu di barengi dengan masalah lain yang lebih spesifik, yaitu angka fertilitas dan angka mortalitas yang relatif tinggi.Kondisi ini dianggap tidak menguntungkan dari sisi pembangunan ekonomi. Hal itu diperkuat dengan pernyataan bahwa kualitas penduduk masih rendahsehuingga penduduk lebih diposisikan sebagai beban dari pada modal pembangunan. Logika seperti itu secara makro digunakan sebagia landasan kebijakan untuk mengendalikan laju pertumbuhan penduduk. Secara mikro hal itu juga digunakan untuk mengenai pentingnya suatu keluarga.

Masalah kependudukan di Indonesia saat ini menjadi sangat rawan bila tidak ada usaha untuk mengelola ledakan penduduk dengan baikyang merupakan bahaya besar. Jumlah penduduk yang tidak terkendali akan mendatangkan sejumlah persoalan seperti pengangguran dan dampak sosial lainnya.

Upaya memperbaiki kualitas penduduk yang dilakukan
secara komprehensif, terpadu, bertahap dan serentak
mestinya dilanjutkan secara gegap gempita. Upaya yang
dilakukan selama ini sebenarnya baru merupakan upaya
dasar, yaitu peningkatan kualitas keluarga dengan
memperkecil ukurannya, memperbaiki tingkat
kesehatannya dan memberi kesempatan pendidikan dasar
anggotanya. Upaya peningkatan kesehatan yang merupakan
upaya dasar itu telah dilakukan dengan membuka
Puskesmas dan Pos-pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) di
seluruh pelosok Tanah Air. Upaya yang menyediakan
dokter-dokter muda dengan pengorbanan yang tinggi di
seluruh pelosok Tanah Air itu merupakan upaya
meningkatkan kesadaran hidup sehat yang sangat
mendasar. Biarpun demikian, pengorbanan mereka membawa
hasil positif yang membesarkan hati, mereka telah
menyelamatkan jutaan ibu dan anak-anak dari kematian
yang sia-sia.

Masalah kependudukan merupakan masalah yang serius, tidak saja bagi negara-negara yang sedang berkembang seperti Indonesia, tetapi juga bagi negara-negara maju.
Masalah kependudukan dewasa ini sudah menjadi masalah besar bagi dunia secara keseluruhan disamping masalah ekonomi secara global.
Perkembangan penduduk tanpa disertai dengan kontrol untuk mengatur jumlah penduduk yang diinginkan, hanya akan menimbulkan problema sosial dan ekonomi dengan segala akibatnya.
Pertambahan penduduk yang besar dari tahun ke tahun memerlukan investasi dan sarana di bidang pendidikan, kesehatan, perumahan dan sebagainya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar