Kamis, 21 Oktober 2010

Masalah Lingkungan

b.Masalah Lingkungan

Indonesia memiliki banyak masalah yang berkaitan dengan lingkungan. Masalah lingkungan itu bisa disebabkan karena pengaruh alam, namun kebanyakan karena kelalaian manusia untuk menjaga dan memelihara lingkungan .

Beberapa masalah lingkungan karena ulah manusia yaitu :
1.Penggundulan dan penebangan hutan untuk membuka lahan pertanian,peternakan, atau tempat aktivitas manusia lainnya.
2.Polusi udara,air,tanah suara pestisida,radiasi,cuaca dan pencemaran lingkungan lainnya.
3.Penyakit endemik baru atau lama yang diderita oleh manusia karena lingkungan hidup yang kurang bersih dan keserakahan manusia mengeksploitasi alam.

Beberapa masalah lingkungan karena bencana alam, seperti :
1.Banjir dan longsor. Banjir dan longsor kadangkala disebabkan oleh ketidak mampuan manusia memelihara lingkungan. Misalnya membuang sampah di bantaran kali atau sungai, mengakibatkan menyubatnya saluran air dan ketika curah hujan tinggi terjadilah banjir.
2.Gempa Bumi. Gempa bumi bisa disebabkan karena banyak hal, yang umum diketahui yaitu gempa bumi karena gerakan tektonik, letusan gunung berapi, gempa buatan manusia (misalnya terjadi karena percobaan nuklir di bawah tanah) dan sebab-sebab lainnya.
3.Letusan gunung berapi. Bagi Indonesia sendiri, masalah lingkungan hidup terkait letusan gunung berapi ini cukup sering terjadi. Apalagi masih banyak ditemukan gunung berapi yang aktif diberbagai wilayah di Indonesia.

Masalah lingkungan hidup yang diakibatkan oleh bencana alam memang tidak bisa dihindar, tetapi paling tidak jika kita sudah tahu ciri-ciri munculnya bencana dan cara mengatasinya, maka kerusakan lingkungan dan hilangnya nyawa manusia dapat diminimalisir.


Lingkungan merupakan titik awal dimana suatu makhluk hidup berada. Lingkungan juga merupakan gabungan dari kondisi sosial dan budaya yang mempengaruhi keadaan suatu individu makhluk hidup atau suatu kumpulan dan komunitas makhluk hidup .
Kerusakan lingkungan kita pada akhirnya secara langsung maupun tidak langsung dapat memberi dampak kurang menguntungkan bagi kehidupan disekitar termasuk ancaman bagi kesehatan masyarakat. Beberapa upaya untuk memperkecil resiko turunnya kulitas lingkungan telah dilaksanakan oleh berbagai instansi terkait sepertim pembangunan sarana sanitasi dasar, pemantauan dan penataan lingkungan, pengukuran dan pengendalian kualitas lingkungan seperti Prokasih atau Program Kali Bersih (oleh PEMDA), Gerakan Jum'at Bersih (GJB), pemberian piala Adipura, penghargaan pengelolaan lingkungan, pengbdi lingkungan, dsb.
Upaya Perbaikan Terhadap Kondisi Lingkungan
a.Pengelolaan sampah dengan baik
b.Mengurangi sampah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar